SELAMAT DATANG DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MAHAKAM ULU

AWAS ALZHEIMER, JANGAN GEMUK-GEMUK DI USIA 50-AN

Hingga saat ini penyebab Alzheimer belum diketahui secara pasti, namun banyak faktor yang dikaitkan dengan risiko penyakit ini. Antara lain usia, riwayat keluarga dan juga genetik alias keturunan.

Baru-baru ini tim peneliti dari Amerika menemukan bahwa mereka yang mengalami kelebihan berat badan di usia paruh baya atau 50 tahun berisiko lebih besar mengalami Alzheimer. Rinciannya, setiap satu unit indeks massa tubuh (BMI) seseorang bertambah di usianya yang memasuki 50 tahun, maka usia di mana gejala Alzheimer pada dirinya akan muncul 6,5 bulan lebih cepat daripada mereka yang tidak kelebihan berat badan.

Masalahnya, kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang awalnya tidak mengalami gangguan kognitif. Jadi walaupun kemampuan kognitif mereka normal hingga menjelang usia paruh baya, namun bila berat badan mereka melonjak tajam di usia 50-an maka risiko Alzheimer dini juga akan menghantui mereka.

Hal ini dibuktikan peneliti dengan melibatkan 1.394 orang dewasa yang mempunyai kemampuan kognitif normal dan meminta mereka menjalani pemeriksaan neuropsikologis tiap dua tahun sekali selama 14 tahun untuk mengetahui risiko Alzheimer mereka.

Ternyata ketika dibandingkan dengan hasil otopsi yang dilakukan pada 191 partisipan yang meninggal selepas studi, ditemukan bahwa tingginya angka BMI di usia paruh baya dapat dikaitkan dengan tingginya jumlah plak beta-amyloid di dalam otak partisipan ketika mereka meninggal dunia.

"Sebenarnya kita sudah lama tahu soal ini, tapi kita belum memahami mulai kapan kondisi ini terlihat," tutur peneliti Dr Madhav Thambisetty dari Unit of Clinical and Translational Neuroscience, National Institute on Aging, National Institutes of Health seperti dikutip dari CBS News, Rabu (2/9/2015).

Kendati begitu, sebuah penelitian lain yang dilakukan Dr Nawab Qizilbash dari OXON Epidemiology, Madrid tahun lalu menemukan seseorang yang mengalami underweight atau berat badan terlalu rendah di usia 40-an dan 50-an tahun punya risiko 34 persen lebih tinggi untuk mengalami demensia atau pikun di kemudian hari.

Peneliti menduga seseorang yang terlalu kurus cenderung kekurangan vitamin D dan vitamin E sehingga otaknya tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Rupanya Dr Qizilbash tidak sepakat bilamana dikatakan terlalu gemuk membuat fungsi otak lebih cepat mengalami penurunan kognitif.

"Berbeda dengan pandangan selama ini, orang yang gemuk di usia paruh baya tidak mempunyai risiko yang lebih besar untuk pikun di hari tuanya," kata Dr Qizilbash. Mungkin maksudnya sedikit gemuk ya.
Disalin dari : Rahma Lillahi Sativa - detikHealth

1 Response to "AWAS ALZHEIMER, JANGAN GEMUK-GEMUK DI USIA 50-AN"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus

Kotak saran